5 Cara Meningkatkan SDM Karyawan Salon Anda

Seberapa banyak modal Anda pun, bisnis tidak akan berkembang secara optimal tanpa dukungan SDM yang berkualitas. Oleh sebab itu, penting sekali merekrut dan meningkatkan SDM yang berkualitas guna mendukung peningkatan pelayanan pada pelanggan. Bila loyalitas pelanggan sudah Anda genggam, maka potensi peningkatan omzet akan terus berjalan. Anda yang punya salon dan klinik kecantikan, wajib terus mengupayakan peningkatan SDM karyawan dengan memantau kinerja mereka lewat aplikasi salon kekinian.

Tips Penting Meningkatkan Kinerja Karyawan Salon Kecantikan

Salon kecantikan merupakan salah satu potensi usaha yang tidak pernah alami mati suri. Selama ada wanita dan pria yang ingin tampil paripurna, maka bisnis Anda akan terus mendapatkan permintaan perawatan baik kecantikan wajah, perawatan rambut, kulit, dan anggota tubuh lain. Guna menjaga pelanggan tetap loyal pada perawatan salon Anda, maka perlu meningkatkan kinerja karyawan salon lebih optimal sebagai berikut :

1. Perencanaan sumber daya  manusia memadai

Sumber daya manusia yang memadai menjadi kunci sukses usaha salon kecantikan Anda, maka perlu melakukan perencanaan SDM yang memiliki skill tertentu. Sesuaikan kebutuhan karyawan dengan jenis pelayanan salon Anda, misalnya salon khusus rambut butuh jasa hair stylist atau kapster berkualitas. Bila Anda membuka salon kecantikan dengan paket perawatan lengkap, maka rencanakan merekrut terapis handal di bidang masing-masing.

2. Perekrutan karyawan yang berkualitas

Mulai lakukan seleksi karyawan yang memiliki keahlian yang lebih berkualitas baik memasang iklan offline dan online.

3. Melakukan penilaian kinerja karyawan

Bila sudah mendapatkan karyawan yang sesuai kualifikasi, Anda bisa mulai melihat kinerja karyawan sehari-hari. Tidak hanya keahlian yang dimiliki, tetapi Anda bisa melihat kinerja dari kerja sama tim, pelayanan pada pelanggan lebih ramah, kepribadian dan karakter, serta poin-poin penting penilaian karyawan lain.

4. Memberikan pelatihan atau workshop berkala

SDM yang berkualitas harus didukung dengan pengembangan keahlian secara berkala. Anda bisa memberikan pelatihan atau workshop dengan mengajak karyawan yang berprestasi untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pastikan SDM salon Anda mampu melakukan riset dan update terhadap perkembangan dunia kecantikan wanita yang terus berubah, misalnya tren gaya rambut terbaru, make up kekinian, jenis perawatan yang tengah booming, dan lain-lain.

5. Memberikan apresiasi positif pada karyawan

Apresiasi positif untuk menjaga loyalitas karyawan merupakan harga mati bila Anda ingin perusahaan terus berkembang semakin pesat. Karyawan yang bekerja bertahun-tahun merupakan aset berharga perusahaan Anda, lho! Berikan gaji yang sesuai dengan kinerja mereka, reward atau hadiah untuk pengabdian karyawan, kegiatan piknik atau gathering party untuk meningkatkan solidaritas antar karyawan, dan beragam kegiatan yang bisa membuat karyawan salon Anda betah.

Kini Anda bisa mempertimbangkan pakai aplikasi atau software klinik kecantikan yang memiliki fitur manajemen karyawan terbaik. Zenwel sebagai software salon kecantikan kekinian yang menawarkan manajemen karyawan lebih optimal, misalnya mobile app, dasbor performa staf, penugasan dan roaster staf, login dan notifikasi staf, serta masih banyak fitur menarik lain. Anda bisa mengelola data karyawan mulai melihat absensi, pengelolaan gaji karyawan hingga melakukan apresiasi positif demi menjaga loyalitas karyawan.

Aplikasi salon Zenwel bisa Anda coba gratis untuk mengetahui dan menikmati kelebihan yang ditawarkan. Tentu aplikasi dengan fitur gratis hanya memberikan fasilitas yang terbatas sehingga Anda perlu meningkatkan grade aplikasi lebih tinggi. Mau pilih basic atau pro dengan biaya langganan yang sesuai kebutuhan, kenapa tidak? Segera daftar sekarang untuk menikmati kemudahan pengelolaan manajemen salon kecantikan Anda, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.