Alasan Mengapa Kesehatan Mental Penting

Sama halnya seperti kesehatan fisik karena kesehatan mental juga tidak boleh luput dari perhatian anda. Apabila kesehatan mental terganggu maka kondisi fisik dan kualitas hidup Anda juga bisa menurun secara drastis, Anda juga harus mengetahui alasan pentingnya kesehatan mental.

Apa saja alasan mengapa kesehatan mental penting untuk dijaga?

1. Agar Lebih Produktif

Seseorang dapat dikatakan sehat secara mental apabila ia merasa sejahtera baik dari skala psikologis hingga emosional atau sosial. Kesehatan mental sangat berpengaruh terhadap Bagaimana seseorang berpikir atau merasakan bahkan ketika seseorang tersebut bertindak dan membuat keputusan.

Juga dapat terlihat dari cara seseorang tersebut berinteraksi dengan orang lain. Sangat penting untuk dijaga karena akan membuat hidup anda jauh lebih produktif. Apakah dan kesadaran terhadap kesehatan mental tak hanya berlaku pada orang dewasa saja namun pada remaja dan anak-anak.

Orang dengan kesehatan mental yang sangat prima dapat beraktivitas secara produktif dengan memakai potensi yang dimilikinya dengan jauh lebih maksimal ketimbang orang yang kesehatan mentalnya terganggu. Hal ini membuat seseorang mampu berpikir lebih positif dan jernih.

Yakni ketika seseorang dihadapkan dengan berbagai jenis persoalan, orang dengan kesehatan mental baik akan menutup dirinya menjadi pribadi yang jauh lebih baik dalam menyikapi masalah. Mental yang sehat juga sangat baik untuk kehidupan sosial terutama yang ada di sekitar Anda.

Hal ini karena orang dengan mental yang sehat dapat berkomunikasi jauh lebih baik, mudah bergaul, dan mempunyai pertemanan yang sehat. Dia juga lebih mampu untuk memberikan kontribusi yang baik kepada komunitas atau orang-orang yang berada di sekitarnya.

2. Agar Fisik Lebih Sehat

Kesehatan mental juga sangat mempengaruhi kesehatan fisik karena seperti kata pepatah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Seorang dengan kesehatan mental yang baik terbukti sangat beresiko lebih rendah terserang penyakit kronis seperti stroke atau diabetes tipe 2.

Dengan mental yang sehat anda akan terhindar dari berbagai jenis macam penyakit yang berbahaya. Pastinya hal ini ini sangat menguntungkan untuk anda karena anda hanya memperbaiki kesehatan jiwa yang ada di dalam tubuh anda untuk mendapat segala macam kesehatan tersebut.

Terbukti bahwa faktor yang sangat mempengaruhi kondisi mental seseorang mulai dari faktor keturunan hingga trauma masa lalu. Seseorang juga sangat ramah tentang pelecehan seksual atau pelatihan fisik dan gaya hidup yang cenderung tidak sehat hingga cedera pada otak.

Selain itu ketika anda berada pada situasi pandangi seperti pandemi covid 19 juga membuat seseorang lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental. Berdasar pada gejala penyakit mental yang terbagi menjadi dua yakni psikotik dan non psikotik.

Penyakit mental dengan psikotik adalah suatu kondisi mental yang membuat para penderitanya sangat sulit untuk membedakan realita dan kerap mengalami halusinasi atau melihat dan mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Penderita psychotic juga percaya terhadap hal delusi.

Beberapa penyakit dengan gejala psikotik adalah gangguan bipolar, depresi berat, gangguan delusi, skizofrenia. Sementara lainnya adalah penyakit mental non psychotic yang merupakan penyakit dan tidak membuat penderitanya mengalami gangguan realita.

Penderita penyakit mental ini biasanya mengalami gangguan perasaan atau memiliki pola pikir yang tidak sesuai dengan hukum atau norma yang telah berlaku. Penyakit ini tentunya berhubungan erat dengan stres dan trauma seperti depresi, gangguan kecemasan, fobia, serangan panik dan lainnya.

Cara menjaga kesehatan mental tentunya sangat mudah, hal ini harus anda lakukan agar dapat beraktivitas dan berinteraksi dengan baik di tengah-tengah masyarakat serta terhindar dari penyakit mental. Tentunya akan sangat penting untuk Anda agar senantiasa menjaga kesehatan mental.

Anda harus menghargai diri sendiri misalnya dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Usahakan juga untuk selalu melihat sisi positif dari suatu masalah dan perlakukan diri Anda seperti anda memperlakukan orang lain yang anda sayangi.

Anda juga harus menemukan cara paling baik untuk mengelola stres misalnya dengan menulis buku harian, berjalan-jalan dan berbincang. Usahakan untuk mensyukuri segala hal yang anda miliki agar anda dapat menerima dan mencintai diri sendiri.

Selalu menerapkan pola hidup yang sehat seperti konsumsi makanan sehat dan olahraga secara rutin serta istirahat secara cukup. Anda juga dapat mengembangkan potensi yang dimiliki atau mencoba hal baru dan belum pernah dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.